WAYANG


Wayang adalah seni pertunjukkan yang dimainkan oleh seorang dalang. Biasanya diiringi musik gamelan dan suara merdu penyanyi yang disebut sinden. Kisah yang diceritakan dalam lakon pewayangan biasanya diambil dari Kisah Mahabarat dan Ramayana dengan tambahan kisah para punakawan seperti Petruk, Semar, bagong, dan Gareng.

Pertunjukan wayang sangat sarat dengan unsur estetika dan pesan moral yang terkandung di dalam setiap pertunjukannya. Ada dua pendapat berbeda yang menjelaskan makna kata wayang, yang pertama berasal dari kata “Ma Hyang” yang berarti roh spiritual, dewa , atau Tuhan Yang Maha Esa. Sedangkan pendapat lainnya berasal dari bahasa jawa yang berarti bayangan. Hal ini dikarenakan, dalam pertunjukan wayang kita hanya melihat bayang bentuk dari wayang kulit yang dimainkan. Pertunjukan Wayang di Indonesia sesuai daerahnya adalah: 

1. Wayang Golek populer di Jawa Barat. Penyebaran wayang di Jawa Barat adalah pada masa pemerintahan Raden Patah dari kerajaan Demak, kemudian disebarluaskan para Wali Sanga. Termasuk Sunan Gunung Jati yang pada tahun 1568 memegang kendali pemerintahan di kasultanan Cirebon. Beliau memanfaatkan pagelaran wayang kulit sebagai media dakwah untuk memperluas penyebaran agama Islam. 

2. Wayang Orang populer di Jawa Tengah dan Jawa Timur. 

3. Wayang Kulit populer di Jawa Tengah dan Jawa Timur. 

UNESCO sudah meangkui Wayang sebagai warisan budaya dari Indonesia pada tahun 2003 dan telah dikenal luas oleh masyarakat dunia. Kini sudah banyak orang asing yang turut mempelajari kesenian yang berasal dari tanah Jawa ini, biasanya para Warga Negara Asing (WNA) yang tertarik dengan kesenian ini akan tinggal didaerah tertentu menuntut ilmu kesenian wayang sebagai mahasiswa atau langsung pada seorang dalang terkenal dan punya jam terbang tinggi.

***

About Author Mohamed Abu 'l-Gharaniq

when an unknown printer took a galley of type and scrambled it to make a type specimen book. It has survived not only five centuries.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Start typing and press Enter to search