BANGGA JADI INDONESIA


Soekarno, salah satu Bapak Bangsa Indonesia pernah berujar; "Kalau jadi orang hindu jangan jadi orang India, kalau jadi Islam jangan jadi orang Arab, kalau jadi Kristen jangan jadi orang Yahudi. Tetaplah jadi orang Indonesia dengan Adat dan Budaya Nusantara yang kaya raya ini". Ungkapan ini, menekankan kepada kita betapa pentingnya kita mengakui dan menjaga identitas, menjaga tradisi dan kebudayaan nusantara. Tidak perlu jadi orang lain dengan mengikuti identitas orang lain cukup jadi diri sendiri, jadi orang Indonesia dan melestarikan adat serta kebudayaan negeri sendiri.

Jadilah bangsa yang sungguh-sungguh merdeka, bangsa yang tidak sudi dijajah oleh paham-paham asing yang tidak memiliki akar di nusantara... menjadi bangsa yang bangga pada budaya negeri sendiri dan menjunjung kearifan lokal warisan leluhur Indonesia yang sangat kaya. Kita harus bangga memiliki Pancasila sebagai pemersatu keragaman kita. Selayaknya kita menjadikan Bhineka Tunggal Ika sebagai kekuatan kita untuk saling menghormati dan menghargai di negeri ini.

About Author Mohamed Abu 'l-Gharaniq

when an unknown printer took a galley of type and scrambled it to make a type specimen book. It has survived not only five centuries.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Start typing and press Enter to search